Thursday, May 4, 2017

Bukit mojo di mangunan

Bukit Mojo, mungkin namanya masih asing terdengar dan belum seterkenal Mangunan ataupun bukit Panguk yang akhir akhir ini mulai ngehits. Tapi pemandangan disini tak kalah indahnya lho. Bukit Mojo ini baru diresmikan sekitar tanggal 24 Juli 2016 lalu, jadi memang ini masih tergolong tempat baru. Tempat wisata ini dikelola bersama oleh warga sekitar. Senangnya sekarang banyak bermunculan tempat wisata sehingga bisa membantu sedikit perekonomian warga sekitarnya juga. Pemandangan yang ditawarkan disini adalah Sungai awan yang khas daerah mangunan dan pemandangan alam bukit bukit hijaunya. Selain itu kita bisa juga menikmati sunrise bila beruntung.
Bukit Mojo ini terletak di Gumelem, Mangunan, Dlingo, Bantul. Rute untuk sampai ke bukit Mojo ini hampir sama kalau mau ke arah Bukit Panguk, jalannya masih searah tapi nanti ada pertigaan tanda arah kalau ke kiri ke bukit Panguk, kita ambil jalan ke kanan ke arah bukit Mojo. Dari sini kurang lebih 1 km masuk melewati jalan desa dan ikuti petunjuk arah yang ada hingga nanti sampai ke bukit Mojo ini. Sebagian jalan ada yang masih berbatu dan rusak, jadi perlu hati-hati yaa, pastikan kendaraanya dalam kondisi baik, kalau bannya bocor disini susah cari tambal ban soalnya 
Rute dari Jogja : Terminal Giwangan – Jalan imogiri Timur – belok kiri dipertigaan imogiri – pertigaan belok kanan ke arah Mangunan – lurus ikuti jalan – Tugu Mangunan belok kanan ke arah kebun buah Mangunan – kalau ke kanan ke kebun buah, maka belok kiri (lurus) – SD Kanigoro -belok kanan – belok kiri – pertigaan arah panguk & Mojo, kita ambil kanan – ikuti jalan – Bukit Mojo. 





Di bukit Mojo ini disediakan tiga anjungan/gardu pandang kecil yang tersebar di barat, tengah dan timur bukit. Karena ukurannya kecil jadi perlu hati-hati ya, jangan kelebihan beban. Pemandangan dari ketiga anjungan juga sedikit berbeda. Anjungan yang sebelah barat kita bisa melihat jelas sungai Oyo dan bukit sekitarnya. Anjungan tengah ini ada pohon disisi kanan kirinya jadi lebih menarik untuk foto :p. Kalau anjungan sebelah timur ini terbuat dari pagar bambu dan lantainya dari batu, jadi berbeda dari dua anjungan lain yang terbuat dari kayu. Selain anjungan disini juga disediakan gubuk-gubuk untuk beristirahat dan menikmati pemandangan sekitar. Sayang waktu kami kesini suasananya mendung, jadi kami tidak bisa menimati pemandangan cantik ini secara maksimal.

No comments:

Post a Comment