Thursday, May 4, 2017

Taman sungai mudal Di Kulonprogo


Berada tak jauh dari Kedung Pedut, terdapat sebuah taman sungai yang asri, Taman Sungai Mudal. Dipenuhi dengan berbagai macam tanaman termasuk bunga anggrek endemik yang langka, taman sungai ini tampak begitu mempesona. Selain dapat bersantai di gazebo-gazebo kecil yang ada, kita juga dapat berenang di kedung-kedungnya dan mencoba canyoning (dengan membawa peralatan sendiri) di air terjunnya yang bertingkat-tingkat. Jika ingin menikmati suasana taman sungai ini lebih lama lagi, dirikanlah tenda dan bermalamlah di sana. Ada camping area yang aman dengan fasilitas yang memadai. 

Taman sungai tuk mudal adalah sebuah taman sungai yang berupa air terjun dan kolam alami yang air nya berwarna biru bening. Sumber air taman sungai tuk mudal sendiri berasal dari mata air alami yang memancar dari sungai bawah tanah. Jadi bisa di pastikan bahwa air disini masih sangat jernih bening dan jauh dari polusi.


Taman sungai tuk mudal secara administratif berada di Dusun Banyunganti, Desa Jatimulyo, Kec Girimulyo, Kabupaten Kulonprogo. Lebih tepatnya berada di  barisan bukit menoreh. Jika kalianberada di jogja lihatlah ke arah  barat maka akan nampak pegunungan menoreh yang terbentang sepanjang Kulon progo. Rata-rata ketinggian perbukitan menoreh lebih dari 2000 mdpl.
Rute untuk ke taman sungai mudal dari kota jogja cukup mudah. Dari kota jogja langsung saja menuju ke jalan godean. Dari jalan godean lurus saja ke barat menuju arah kulon progo sekitar 30 kilometer. Nggak usah belok-belok karena jalan nya lurus terus nanti akan masuk ke kulon progo.




No comments:

Post a Comment